Maksimalkan Tenaga New Pajero Sport Diesel , tarikan enteng ,napas panjang, irit BBM

 Siapa bilang New Pajero Sport diesel 4x2 tidak bisa dipasang turbo ventilator simota atau Cyclone ?
Ternyata bisa lebih enak dan maknyuss,muantab sekali tarikan bawah sampai atas
Read more

1 Komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda

Mitsubishi Pajero Sport Check Engine Nyala, Solar Tak Sehat

Tips Mobil JAKARTA - Pemilik mobil kerap panik kalau melihat lampu indikator check engine menyala tiba-tiba. Seperti pengalaman Hestianti, pemilik Mitsubishi Pajero Sport tahun 2011 ini. Menurut pengakuannya, sepanjang perjalanan lampu check engine nyala terus (Gbr.1). "Padahal semalam masih normal," kata ibu rumah tangga ini.


Problem ini sudah terdeteksi pihak bengkel resmi, seperti diutarakan Wawan Kurniawan dari Mitsubishi Lautan Berlian (MLB) di Jl. Panjang No.8, Kebon Jeruk, Jakbar.

Menurut Wawan, lampu indikator check engine terus menyala, merupakan isyarat kalau kondisi solar yang digunakan tak sehat. "Sebab tidak jarang pemakai Pajero Sport mengisi bahan bakar dengan solar yang kualitasnya rendah," ucap Service Supervisor MLB kepada OTOMOTIF beberapa waktu lalu ini.

Untuk penanganan awal mesti dilakukan pendeteksian menggunakan Multi Use Tester (MUT)-III (Gbr.2), yang terhubung dengan sensor kadar solar pada separator di bawah filter bahan bakar.

Setelah diagnosa selesai, alat ini akan menampilkan data tentang fuel leak yang abnormal. "Kondisi fuel leak yang tidak normal terpantau dari float sensor, yang akan mengapung jika terjadi perbedaan berat jenis air dan solar yang signifikan. Artinya di sini, kualitas solar yang dipakai kurang bagus," beber Wawan.

Jika kondisinya demikian, mesti memeriksa filter solar di bagian water separatornya (Gbr.3). Langkah ini untuk memastikan, apakah kualitas solar yang ada di dalam tanki sudah sangat buruk atau masih bisa ditolerir.

Opsi pertama, jika kualitas solarnya tidak terlalu buruk, maka penanganannya cukup dengan membersihkan saringan solar, diikuti proses buang angin atau bleeding.

Setelah proses pembersihan tadi selesai dilakukan, dilanjuti dengan step akhir menggunakan alat scanner yang sama. "Tujuannya untuk me-reset sekaligus melakukan engine learning, agar sistem komputer di mobil kembali normal," tandas pria asal Kuningan, Jabar ini.

Tapi kalau kondisinya sudah terlalu parah yang terdeteksi saat pendeteksian awal pakai MUT-III tadi, tangki bahan bakar mesti dicopot untuk dikuras agar kembali bersih (Gbr.4).

Wawan juga menawarkan opsi untuk menghindari masalah lampu check engine nyala kembali di kemudian hari, dengan mengaplikasi double fuel filter. "Karena efeknya sangat besar buat menyaring kotoran sekaligus air yang akan masuk ke ruang bakar," promosi pria ramah ini. (mobil.otomotifnet.com)
 
Penulis : Anton • Teks Editor : Bagja • Foto : Anton

0 Komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda

Baca Kondisi Mesin Lewat ECU ECU menyimpan data-data kerusakan sensor (trouble shooting) pada sistem memorinya


Mobil-mobil bermesin modern keluaran tahun terakhir sudah dilengkapi dengan alat yang bernama ECU (electronic control unit). ECU merupakan suatu perangkat elektronik yang terorganisir dengan menggunakan sistem bahasa computer, ECU menyimpan data-data kerusakan sensor (trouble shooting) pada sistem memorinya. Indikator ECU yang terletak di speedometer berfungsi mendiagnosis secara otomatis setiap gangguan mesin di mobil. Maka dari itu indikator lampu chek engine pada ECU tersebut bisa kita manfaatkan untuk mengetahui kondisi mesin kendaraan dengan cara mengamatinya pada saat mesin dinyalakan. Putarlah switch kontak ke posisi on kemudian amatilah :
1. Pada saat kunci kontak diputar ke posisi on maka lampu indikator check engine akan menyala. Setelah mesin menyala lampu akan padam. Pada keadaan normal lampu mengedip bergantian secara teratur on dan off dengan interval kurang lebih ¼ detik.
2. Namun sebaliknya apabila lampu indikator tetap menyala setelah mesin menyala atau lampu indikator mati ketika kunci kontak sudah di posisi on itu pertanda telah terjadi kerusakan atau kelainan pada system komponen bahan bakar.
3. Apabila kedipan lampu check engine tak beraturan atau lebih lama dari ¼ detik itu juga suatu pertanda bahwa terjadi ketidakberesan pada system ECU. Misalnya terjadi ketidakberesan pada system pengapian (3 sensor), BBM (2 sensor), Udara (2 sensor), Tehnik pendinginan pada idle switch dan kompresor, Coolant (2 sensor), Rpm (takometer), Airbag dan ABS.
4. Jika lampu check engine tidak mau mati alias tetap menyala terus berarti ada gangguan pada distributor.
Disajikan Oleh : www.oto.co.id

1 Komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda

STRADA & PAJERO "Antisipasi Dengan Kadar Solar yang Jelek"

JAKARTA – Mitsubishi Pajero Sport dan umumnya mobil diesel yang sudah berteknologi common rail punya kelemahan bila mengkonsumsi solar biasa. Indikator check engine kerap menyala karena kualitas solar subsidi pemerintah yang dianggap berkualitas di bawah standar.
Common rail sejatinya memerlukan solar dengan  kadar sulfur tak lebih dari 500 ppm (parts per million), sementara solar biasa memiliki kandungan sulfurnya dengan kadar yang masih mencapai 5.000 ppm.
ALAT TAMBAHAN
Akibatnya ada beberapa pemakai yang merasa mobilnya kurang bertenaga bahkan sampai kasus ngadat di tengah jalan saat menggunakan bahan bakar solar biasa.

Mitsubishi L200 Strada yang saya pakai di Pontianak, filter solarnya sering kalah, tutur Ikhsan Lahardy, pemilik car rental di bilangan Pondok Pinang, Jaksel ini.
Mengantisipasi hal ini, TSRC (Technical Service and Research Centre) PT.Krama Yudha Tiga Berlian Motor(KTB) Indonesia punya solusi jitu.
Yakni menambahkan alat khusus bernama Double Fuel Filter. Parts ini berfungsi untuk menyaring kotoran dan unsur perusak hingga dua kali lipat sehingga solar yang masuk ke supply pump lebih bersih, ujar Wawan Kurniawan, kepala bengkel Lautan Berlian di bilangan Kebon Jeruk, Jakbar.
Double fuel filter kit ini terdiri dari 2 buah fuel filter, 2 buah sensor separator, bracket, hose keep assembly, dan body fuel filter itu sendiri.
Produk yang dibuat di Indonesia dengan lisensi resmi Krama Yudha Tiga berlian Motor Indonesia diklaim minim perawatan dan tidak merusak garansi resmi.
Untuk pemasangan saja hanya butuh kurang lebih satu jam. Pemasangan cukup dengan menyandingkan fuel filter asli bawaan mobil lalu diikat dengan bracket dimana sensornya dihubungkan dengan connecting harnest yang berguna sebagai tegangan sumber dari konektor sensor tersebut , tutur pria kalem ini. 
20110930 fuelfilter 2 Ganti Fuel Filter Mitsubishi Pajero Sport Dan Strada Triton, Bikin Lega
Adaptor tambahan untuk filter ke-2
Bermodal kocek Rp 1,95 juta di luar ongkos pasang sebesar Rp 100 ribuan, filter tambahan bisa dipesan tak sampai satu minggu.

Tak hanya di Jakarta tetapi juga di kota lain sudah tersedia alat penyaring solar tambahan yang dikirim dari KTB Parts Centre Jakarta ujar Wawan menambahkan.
Terbukti, pemakaian alat ini bisa mengurangi permasalahan yang kerap terjadi akibat bahan bakar berkualitas rendah yang kadung tercemar, jelasnya lagi.
Diperkuat data service record Mitsubishi Kebon Jeruk, Jakbar, sampai sekarang ini tidak pernah ada komplain dari Mitsubishi Pajero Sport, setelah mengaplikasikan penyaring solar ganda ini. (mobil.otomotifnet.com)

0 Komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda

COLT DIESEL DAN PAJERO SPORT DISKON 40Jtan!!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner