Pertanyaan Seputar Suspensi

15. Apa perbedaan fungsi per keong, per daun, dan torsion ?
Jawab : Fungsi ketiga per ini sama yaitu untuk meredam guncangan, tapi ketiganya punya perbedaan karakter. Per keong diperuntukkan pada mobil yang mengutamakan kenyamanan. Sedangkan leaf spring atau per daun, diperuntukkan mobil niaga atau kendaraan beban berat. Torsion memiliki peran seperti per keong namun memiliki kelebihan dalam hal mengatur ketinggian dari "ground clearance".

16. Apa yang dimaksud dengan pelek peyang ?
Jawab : Pelek yang mengalami kerusakan sehingga bentuknya tidak bulat penuh. Bagian tertentu telah mengalami kerusakan akibat menghantam lubang jalan atau benda lainnya. Dalam tingkat kerusakan tertentu, pelek peyang masih dapat diperbaiki...

17. Bagaimana cara kerja air suspension ?
Jawab : Suspensi ini menggunakan udara sebagai pengganti per. Keuntungan air suspension ini terletak pada fleksibilitasnya untuk mengatur tingkat kekerasan redaman suspensi. Semakin tinggi tekanan angin, maka bantingan mobil semakin keras. Demikian pula kebalikannya. Pengaturan ketinggian mobil pun dapat memanfaatkan sistem ini. Tapi bila sistem bocor, maka suspensi tidak dapat bekerja optimal.

18. Apa yang dimaksud dengan suspensi independen ?
Jawab : Suspensi dengan sistem independen ini memiliki lengan ayun di kedua sisi roda. Keuntungannya adalah saat mobil menikung dengan body miring, roda tetap menapak sempurna, menempel pada aspal untuk menghasilkan daya cengkeram yang sempurna. Kenyamanan suspensi ini juga baik, walaupun memiliki kelemahan dalam kestabilan, bila tidak diimbangi dengan batang stabilizer.

19. Kenapa mobil mobil baru cenderung menerapkan suspensi independen di roda depan dan belakang ?
Jawab : Konstruksi independen ini, dimaksudkan agar diperoleh sisi kenyamanan, tanpa mengorbankan kestabilan. Kenyamanan diperoleh dari suspensi roda depan, sedangkan kestabilan terjaga di kedua roda belakang berkat suspensi yang memiliki batang melintang di belakang.


20. Apa perbedaan Double Wishbone dan Mc Pherson strut ?
Jawab : Double wishbone adalah sistem suspensi yang memiliki sayap di bagian atas. Hal ini dimaksudkan agar telapak ban tetap mencengkeram aspal dengan optimal. Hanya saja, konstruksi ini memiliki bantingan yang sedikit lebih keras dibandingkan sistem Mc Pherson strut. Sokbreker dan per yang menyatu dengan desain membesar di bagian bawah, membuat kelembutan suspensi Mc Pherson strut tetap terjaga
Sumber : Majalah Autobild, 21 Januari - 3 Februari 2010, edisi 150.

0 Komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda

COLT DIESEL DAN PAJERO SPORT DISKON 40Jtan!!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner