COMMON RAIL SYSTEM (CRS) PADA PAJERO SPORT

"kehandalan mesin Pajero sport telah ditunjang dengan teknologi mutakhir dalam era diesel injection, yang dikenal dengan teknologi Common Rail System (CRS)"



Konsep dari CRS ini hampir mirip dengan teknologi MPI (Multi Point Injection) pada mesn bensin Mitsubishi, yaitu semua kerja sistim dilakukan secara kontrol elektronik (mikro komputer) untuk mendapatkan daya kerja mesin yang optimal. Untuk mudahnya pernahkah membaca artikel "our body is like machine?" ya seperti itulah mesin bekerja, laksana tubuh kita yang memiliki panca indra yang mengirimkan berbagai pesan ke otak kemudian diolah menjadi perintah untuk menggerakkan anggota tubuh  lainnya.

Begitupun dengan CRS ini, yang memiliki banyak indra dan dikenal dengan istilah sensor-sensor. Sensor ini akan mendeteksi semua aktivitas mesin dan kendaraan. Kemudian sensor-sensor tsb memberi sinyal masukan informasi ke ECU (Engine Control Unit) sebagai pusat pengendalian sistem. Yang pada akhirnya ECU ini akan memerintahkan semua actuator untuk dapat bekerja dengan optimal, seperti injector (nozzle) yang akan menyemprotkan solar dengan jumlah yang tepat dan waktunya pun tepat.

Ada tiga alasan utama mengapa mesin diesel sekarang menggunakan teknologi CRS, yaitu:
  1. Untuk menghaslkan emisi gas buang  yang bersih (standar emisi euro 2, dan seterusnya)
  2. Menurunkan Noise (kebisingan) atau getaran-getaran.
  3. Kinerja mesin menjadi lebih tinggi dan bahan bakar menjadi lebih ekonomis.
Untuk menghasilkan kerja seperti tersebutkan diatas, maka CRS ini dibangun dengan teknologi mekanikal dan elektronik. DIbawah ini adalah komponen utama mekanikal CRS yag terkait dengan aliran bahan bakar solar, yaitu :
  • supply pump, sebagai pengganti injection pump konvensional yang mampu menghasilkan tekanan yang sangat tinggi hingga mencapai 180 mega pascal (1800kg/Cm2)
  • injector yang mampu menyemprotkan solar bertekanan tinggi tadi kedalam ruag bakar mesin sehingga menghasilkan atomisasi solar yang lebih sempurna. selain bekerja dengan tekanan yang tinggi, injector pun bekerja secara kontrol elektronik yang dilakukan oleh ECU setelah menerima sinyal dari berbagai sensor. Besarnya tegangan kerja pada injector ini bisa mencapai 85V dengan kecapatan waktu menyemprotkan sekitar 1:1 mili detik,
Kerja CRS ini dilengkapi dengan sistim peringatan yang dikntrol secara elektronik, yaitu adanya lampu peringatan mesin yang aakan menyala bila terjadi permasalahan pada sistim tersebut. Dan segala penyebab masalah dapat diketahui dengan menggunakan alat deteksi kerusakan yang tersedia dibengkel Mitsubishi, yang dikenal dengan MUT-III (Multi Use Tester).
Apabila kerusakan pada komponen CRS seperti injector, supply pump maupun ECU-nya maka komponen tersebut harus diganti dan dilakukan proses "pembelajaran" (learing). Proses ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh CRS melainkan harus dilakukan olek mekanik yang sudah terlatih dalam menggunakan MUT-III. Proses "pembelajaran" berlangsung kurang lebih tiga menit, hal ini dimaksudkan agar sinyal listrik dari seluruh sensor dan actuator serta ECU menjadi sinkron sehingga kerja keseluruhan pada CRS ini menjadi normal kembali.

Untuk menjaga kerja mesin tetap optimal, beberapa hal harus diperhatikan antara lain :
  1. Pemakaian bahan bakar solar yang bersih. karena Cleareance atau celah pada suply pump dan injector sangat kecil sekali, sehingga apabila ada kotoran yang masuk bisa menyebabkan komponen tersebut tersumbat dan mesin tersbut menjadi kurang tenaganya ataubbahkan mesin bisa tidak hidup.
  2. Pemasangan aksesoris listrik, jangan sampai menganggu kerja kelistrikan CRS dan lainnya.
  3. Lakukan perawatan berkala dibengkel Mitsubishi sesuai dengan buku petunjuk servis

Sumber : Majalah Evolution edisi juni-juli 2012

2 komentar:

  1. Upgrade power mesin pajero Exced dan dakkar Up 25% dengan T&T Torque and tronics dakkar up from 178ps up to 225 PS dan exced 160 PS up to 195 PS kunjungi stand both kami di janmas POC magelang 10-13 September 2014 atau kunjungi kami di http://torqueandtronics.blogspot.com/2014/06/upgrade-power-mesin-fortuner-dan-pajero.html or call 082115762254

    BalasHapus
  2. Saya ada trabel,sinyal ke injektor tidak ada,pada saat swit common real d cabut dia memberi sinyal ke injektor...maksudnya itu kurang tekan ke common real apa Dr suplay pam yg kurang memberi tekanan...

    BalasHapus

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda

COLT DIESEL DAN PAJERO SPORT DISKON 40Jtan!!!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner